pasang iklan di sini
Bookmark dengan CTRL+D soalsoal-snmptn.blogspot.com dan Like Facebook Page Kami agar anda mendapat Soal-soal Update Download Soal-soal Latihan SBMPTN 2014 SNMPTN SBMPTN 2013-2014 Gratis IPA IPS IPC Matematika Fisika Ekonomi Geografi dan lain-lain Link SNMPTN SBMPTN 2012-2013 Online Try Out Online SNMPTN 2014 Gratis Kisi-kisi, Soal dan Pembahasan, Materi SBMPTN-SNMPTN, Kunci Jawaban SNMPTN-SBMPTN, Download Soal SNMPTN 2014, Download SOAL SBMPTN 2014

Jumat, 22 Maret 2013

Beda Jalur Masuk, Beda SPP

JAKARTA - Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung telah menetapkan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk tahun akademik mendatang. Namun, besaran yang ditetapkan hanya berlaku bagi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Demikian disampaikan Rektor Unpad Ganjar Kurnia dalam dialog bersama perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari tiap-tiap fakultas di Unpad. Ganjar menyebut, untuk mahasiswa jalur SNMPTN, besaran UKT yang ditetapkan adalah Rp2,5 juta dengan rincian Rp2 juta merupakan biaya SPP dan Rp500 ribu merupakan dana pengembangan yang harus dibayarkan hingga delapan semester.

Bagi jalur penerimaan lainnya, Unpad pun menetapkan perhitungan berbeda. "Untuk mahasiswa yang mengambil jalur mandiri SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran) atau SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), besarnya biaya SPP per semesternya didasarkan pada dana pengembangan di tiap-tiap fakultas," kata Ganjar, seperti dikutip dari laman Unpad, Jumat (22/3/2013).

Dia mencontohkan besaran biaya kuliah yang harus dibayarkan calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpad melalui jalur SMUP. Jadi, tambahnya, total SPP ditambah dana pengembangan, hasilnya dibagi delapan. Jumlah tersebut yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semesternya.

"Untuk teman-teman yang membayar dari jalur SMUP, contohnya di FK yang membayar Rp95 juta. Maka Rp95 juta ditambah Rp16 juta lalu dibagi delapan, hasilnya Rp13,875 juta.  Jadi, itulah yang akan dibayar pada tiap semester," ungkapnya.

Menurut Ganjar, Unpad memang tidak akan menyeragamkan biaya semua mahasiswanya. Setiap jalur penerimaan memiliki perhitungan masing-masing.

"Bayarlah minimal Rp2,5 juta sebagaimana yang berlaku untuk mahasiswa yang diterima pada program reguler. Untuk jalur SMUP/SBMPTN, bayarlah dengan biaya sesuai dengan penghitungan tadi," imbuh Ganjar.(rfa)
 
soalsoal-snmptn