pasang iklan di sini
Bookmark dengan CTRL+D soalsoal-snmptn.blogspot.com dan Like Facebook Page Kami agar anda mendapat Soal-soal Update Download Soal-soal Latihan SBMPTN 2014 SNMPTN SBMPTN 2013-2014 Gratis IPA IPS IPC Matematika Fisika Ekonomi Geografi dan lain-lain Link SNMPTN SBMPTN 2012-2013 Online Try Out Online SNMPTN 2014 Gratis Kisi-kisi, Soal dan Pembahasan, Materi SBMPTN-SNMPTN, Kunci Jawaban SNMPTN-SBMPTN, Download Soal SNMPTN 2014, Download SOAL SBMPTN 2014

Rabu, 29 Mei 2013

Calon Mahasiswa Diminta Cermat

SEMARANG - Calon mahasiswa diminta cermat memilih program studi (prodi) saat mengisi formulir Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013.
Permintaan itu disampaikan Pembantu Rektor (PR) II Undip Prof Dr dr Hertanto Wahyu Subagyo MS SPGK saat menggelar jumpa pers SBMPTN, Senin(27/5), di Rektorat Undip Tembalang.
”Ini harus disampaikan supaya siswa mengukur kemampuan dirinya dengan memilih prodi yang tingkat persaingannya sesuai dengan kemampuan. Di Undip, prodi seperti Kedokteran, Akuntansi, Manajemen, Hubungan Internasional, dan Komunikasi tingkat persaingannya tinggi,” jelas Prof Hertanto didampingi Sekretaris Panitia Lokal SBMPTN 42 Semarang Prof Edy Riyanto MSc PhD, kemarin. 

Guru besar Fakultas Kedokteran Undip itu menuturkan, SBMPTN berbeda dari SNMPTN tulis tahun lalu karena tesnya lebih fokus mengukur kemampuan penalaran atau kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking).
Hal tersebut untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua prodi di perguruan tinggi. Seleksi yang harus dijalani mahasiswa sesuai dengan prodi pilihan mencakup tes potensi akademik (TPA), tes kemampuan dasar umum (TKDU), tes kemampuan dasar sains dan teknologi (TKD Saintek), dan tes kemampuan dasar sosial dan humaniora (TKD Soshum).
Kesalahan Sepele
Hertanto juga mengingatkan, kesalahan sepele dalam mengerjakan tes bisa berakibat fatal. Misalnya saat menghitami bulatan kolom nomor peserta pada lembar jawaban, diharapkan tidak terjadi kesalahan. Demikian juga di kolom kode soal.
”Kesalahan menghitami bulatan kode soal membuat komputer kesulitan membaca jawaban. Akibatnya, pesertalah yang akan dirugikan,” tambahnya.
Menurutnya, peserta yang mengikuti tes SBMPTN harus menyiapkan diri baik fisik maupun psikis. Persiapan yang baik memungkinkan mereka mendapatkan nilai maksimal sehingga diterima sesuai dengan prodi yang diinginkan.
Sekretaris Panitia Lokal SBMPTN 42 Semarang Prof Edy Riyanto MSc PhD mengemukakan, Undip bersama Unnes dan IAIN Walisongo menjadi penyelenggara SBMPTN 2013 di lokal 42 Semarang.
SBMPTN merupakan proses seleksi yang dilaksanakan bersama seluruh PTN dalam sistem terpadu dan diselenggarakan serentak melalui ujian tertulis. Selain ujian tertulis, Prodi Ilmu Seni dan Keolahragaan mempersyaratkan uji keterampilan.
Sejalan dengan program pemerintah melalui Program Beasiswa Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu tapi memiliki prestasi akademik dapat mengikuti SBMPTN tanpa biaya pendaftaran. Waktu pendaftaran 13 Mei - 7 Juni di laman http://ujian.sbmptn.or.id. (H41-60)
Sumber: Suara Merdeka Online
soalsoal-snmptn