pasang iklan di sini
Bookmark dengan CTRL+D soalsoal-snmptn.blogspot.com dan Like Facebook Page Kami agar anda mendapat Soal-soal Update Download Soal-soal Latihan SBMPTN 2014 SNMPTN SBMPTN 2013-2014 Gratis IPA IPS IPC Matematika Fisika Ekonomi Geografi dan lain-lain Link SNMPTN SBMPTN 2012-2013 Online Try Out Online SNMPTN 2014 Gratis Kisi-kisi, Soal dan Pembahasan, Materi SBMPTN-SNMPTN, Kunci Jawaban SNMPTN-SBMPTN, Download Soal SNMPTN 2014, Download SOAL SBMPTN 2014

Kamis, 24 Januari 2013

SNMPTN, SBMPTN dan Bidik Misi 2013

Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  mulai tahun  2010  kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.
www.kemendiknas.go.id melansir pendaftaran beasiswa untuk masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.Buku Panduan yang dapat diakses di laman (website) resmi http://www.snmptn.ac.id.

Sejalan dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengikuti seleksi melalui SNMPTN dan jika diterima di PTN akan mendapatkan beasiswa selama masa studi normal.

Pendaftaran dimulai dari pendaftaran sekolah dan pendaftaran calon mahasiswanya sendiri. Pendaftaran sudah dimulai dari 12 desember 2012 sampai 3 maret 2013 untuk sekolah dan januari 2013 untuk siswanya. info terkait pendaftaran bisa dilihat dihttp://bidikmisi.kemdikbud.go.id/portal/.

Secara singkat, bidik misi adalah beasiswa dimulai dari SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) dan UMM (Ujian Masuk Mandiri) untuk siswa/i SMA yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi baik negeri atau swasta, jadi calon mahasiswa mendapat bantuan biaya uang saku kuliah. Program ini mempunyai misi untuk menghidupkan harapan bagi masyarakat kurang mampu dan mempotensi  akademik  memadai  untuk  dapat  menempuh  pendidikan  sampai ke jenjang pendidikan tinggi.

Bantuan yang diberikan dalam program ini terdiri atas Bantuan  biaya  hidup  yang  diserahkan  kepada  mahasiswa  sekurang-kurangnya  sebesar  Rp600.000,00  (enam  ratus  ribu  rupiah)  per  bulan  yang ditentukan berdasarkan Indeks Harga Kemahalan daerah lokasi PTN dan Bantuan  biaya  penyelenggaraan  pendidikan  yang  dikelola  PTN  sebanyak-banyaknya Rp2.400.000,00 (dua juta empat ratus ribu rupiah) per semester per  mahasiswa.
Standar Biaya
  1. Pendaftar Bidikmisi tidak dikenakan biaya pendaftaran.

  2. Pendaftar Bidikmisi akan mendapatkan pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk dengan ketentuan yang akan dipublikasikan kemudian

  3. Pelamar Bidikmisi yang ditetapkan sebagai mahasiswa penerima akan mendapatkan fasilitas pembiayaan sebagai berikut.
  • Bantuan biaya hidup yang diterima oleh penerima sesedikitnya Rp600.000/bulan yang disesuaikan dengan indeks kemahalan tiap daerah.
Persyaratan penerima 2013:
1. Siswa/i SMA/MA/SMK
2. Usia kurang dari 21 Tahun
3. Angkatan lulusan 2012
4. Orang tua maksimum pendidikan S1/D4, dengan kreteria pendapatan 3 juta perbulan dan bila  pendapatan orang tua dibagi jumlah anggota keluarga nilainya harus 6 ratus ribu tiap bulannya.

persyaratan pendaftaran program Bidikmisi menunggu pedoman bidikmisi 2013 namun petunjuk sementara bisa diunduh disini Petunjuk Singkat Program Bidikmisi 2013
 
soalsoal-snmptn